Halaman

Senin, 25 Februari 2019

Ternyata ini Manfaat Rebung, Makanan yang selama ini kita Remehkan.


 Halo bunda apa kabar ?, masak apa hari ini untuk keluarga tercinta ?

Kalau ngobrolin bahan makanan, ternyata ada beberapa bahan makanan yang di satu tempat sangat populer, tapi di tempat lain justru tidak dikenal. Misalnya saja jantung pisang, pucuk batang pohon kelapa, hati pohon pisang, rebung, dan masih banyak lagi.

Saya yakin, bunda juga ada yang merasa asing dengan bahan-bahan makanan yang tadi saya sebutkan diatas ...

Nah, kali ini kita akan membahas tuntas salah satunya bun, yaitu rebung atau tunas pohon bambu !

Apa sebetulnya Rebung itu ?

Gampangnya, rebung adalah tunas muda yang tumbuh dari akar bambu. Orang Sunda biasa menyebut tunas bambu ini dengan sebutan "Iwung", di India bahan makanan ini dinamai "Karira", sedangkan dalam bahasa Inggris rebung dipanggil "Bambo shoot".

Kita bisa menemukan olahan rebung ini pada Lumpia Basah !!

Bagaimana rasanya ?

Jika diolah dengan benar, rebung memiliki citarasa yang unik. Selain rasanya yang gurih, ada sensasi kriuk saat kita mengunyahnya kalau orang jawa dikampung saya biasa menyebutnya "nyakrek".

Tapi hati-hati bun, jika tidak diolah secara tepat, rebung akan terasa pahit dan beraroma pesing atau seperti bau air kencing.

Apa saja manfaatnya ?

Selain bahan kuliner yang unik, kandungan gizi nya membuat rebung ini kaya manfaat bagi tubuh. Secara kimiawi, senyawa utama yang terkandung didalam rebung mentah adalah air, yaitu sekitar 85,63%.

Kandungan serat pangannya juga cukup tinggi yaitu sekitar 2.56%. Ini membuat rebung cukup baik untuk dimanfaatkan menjadi jenis bahan makanan.

Selain itu, setidaknya ada 8 hal yang membuat rebung ini memiliki manfaat yang tidak bisa di anggap remeh sebagai berikut :

1. Rendah Gula

Kandungan gulanya hanya 2,5 gram/ 100 gram. Ini lebih rendah daripada kadar gula yang biasa ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran.

2. Sumber Protein.

Per 100 gram nya rebung memiliki sekitar 2 s/d 2,5 gram protein didalmnya. Lebih jauh, protein yang ditemukan didalam rebung terdiri dari 17 asam amino esensial dan 2 asam amino semi esensial.

3. Kaya Vitamin dan Mineral.

Vitamin yang terkandung didalamnya seperti vitamin A, vitamin B6, vitamin E, thiamin, riboflavin, niasin, asam folat dan asam pantotenat.

Sedangkan kandungan mineralnya adalah kalsium, magnesium, fosfor, kalium, natrium, seng, tembaga, mangan, selenium, dan zat besi.

4. Tinggi Serat.

Seperti telah disinggung sebelumnya, kandungan serat dalam rebung cukup tinggi.

5. Tinggi kandungan Selulosa sehingga dapat merangsanga nafsu makan.

Selain kandungannya, rasa dan tekstur nya juga dapat memancing selera makan bunda.

6. Mengontrol Kolesterol.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Washington State University menyebutkan bahwa rebung memiliki efek menguntungkan bagi kolesterol, lipid, dan fungsi usus.

7. Memperkuat sistem Kekebaraln Tubuh.

Ini karena kekayaan kandungan vitamin dan mineralnya.

8. Menurunkan Tekanan Darah.

Kalium yang dikandung rebung dapat bertindak seperti elektrolit, dan juga sangat baik untuk menurunkan dan menjaga tekanan darah.

Walaupun manfaatnya tinggi, namun hati-hati bun, jika tidak di olah dengan benar, rebung akan terasa pahit, beraroma pesing, dan bisa membuat tubuh keracunan sianida.

nah lho, jadi bagaimana cara mengolahnya dengan aman ?

Jawabannya ditunggu di postingan selanjutnya ya ... 




Referensi :

  • 8 Manfaat rebung ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... merdeka.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar