Halaman

Selasa, 02 April 2019

Mengenal Quinoa, Makanan Pokok Masyarakat Indian


Kinoa sering kita temui pada menu masakan seperti sereal, pasta dan beberapa makanan kerbo lainnya. Konon kinoa ini bisa digunakan sebagai ganti nasi lho bunda …

Apa itu kinoa?

Kinoa ini sebenarnya adalah sejenis tumbuhan dikotiledon yang dapat mencapai tinggi 1 hingga 2 meter. Batangnya berkayu dan dapat berwarna hijau, merah atau ungu, berdaun lebar. Batangnya dapat bercabang atau tidak tergantung varietasnya.

Tandan bunga tumbuh di ujung atas batang atau di ketiak batang. Mahkota bunga berbentuk mahkota sederhana, berkelamin ganda, yang berarti tumbuhan ini dapat membuahi sendiri.

Buah yang membungkus biji berdiameter 2 mm dengan warna putih, merah, atau hitam tergantung varietasnya.

Kinoa ini merupakan makanan pokok bagi masyarakat Indian di pegunungan Andes, Amerika Selatan. Saat ini Peru, Ekuador, dan bolivia adalah produsen utama kinoa ini.


Tumbuhan Kinoa

Bagaimana dengan nutrisinya ?

Kinoa tinggi akan kandungan protein, kandungan lemak tak jenuh, tinggi serat, dan mengandung berbagai vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

Perbandingannya dengan beras dan gandum seperti ini :

Kandungan Makro Nutrien per 100 gram Berat Kering
Quinoa Beras Gandum
Energi (Kcal/ 100gram) 399 372 392
Protein (g/ 100gram) 16.5 7.6 14.3
Lemak (g/ 100gram) 6.3 2.2 2.3
Total Karbohidrat (g/ 100gram) 69 80.4 78.4
Sumber : hellosehat

Protein dalam kinoa lebih tinggi dibandingkan dengan produk biji-biji lainnya. Protein terbentuk dari asam amino, pada kinoa kandungan asam aminonya diantaranya isoleucin, leucin, lysine, methionine, phenylalanin, threinine, tryptophan, dan valine. Semuanya merupakan asam amino yang sangat diperlukan oleh anak-anak dan orang dewasa.

Setengah dari lemak yang dikandung kinoa berupa asam lemak esensial omega 3 (linolenic) dan asam lemak esensial omega 6 (linoleic). Ini disebut asam lemak esensial karena tidak dapat diproduksi oleh tubuh.



Salad Kinoa

Kandungan seratnya pun lebih tinggi dari biji lainnya, tapi lebih rendah bila dibandingkan dengan kandungan serat pada kacang-kacangan.

Selanjutnya, kinoa banyak mengandung mineral seperti zat besi, copper, mangan, dan fosfor. Kandungan vitaminnya, vitamin B dan vitamin E.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar