Halaman

Kamis, 04 April 2019

Peterseli, Garnish yang Menyegarkan

Kalau kita lihat pada menu-menu western, sering ya kita jumpai makanan yang ditaburi peterseli. Sepintas ini mirip daun seledri ya bunda ?, tapi kenapa ya bisa mirip, atau memang peterseli ini sama dengan seledri ?

Jadi begini bun, peterseli atau biasa juga disebut parsley adalah sejenis tanaman herba dengan tinggi rata-rata 10cm sampai dengan 30cm. Pada masakan, tanaman ini terkenal sebagai garnish (penghias) atau sebagai bumbu masak.

Warna daunnya hijau dan aromanya segar. Kenapa tanaman ini mirip dengan seledri ?

Ternyata parsley mirip seledri karena memang masih keluarga dekat dengan seledri dan wortel. Tapi tetap ini beda lho bunda …

Bagaimana cara membedakannya .

 

Untuk membedakannya, coba bunda perhatikan batangnya. Nah sekarang ketahuan kan bedanya, yes benar, batang peterseli lebih halus dan bentuknya bundar. Sedangkan batang seledri lebih bergerigi dan berbentuk bulan sabit.

Lalu apa fungsi parsley ini pada makanan ?

 

Selain sebagai penghias (garnish), pada masakan peterseli mampu meningkatkan rasa pada makanan. Selanjutnya, tanaman ini juga baik untuk pencernaan dan mampu meningkatkan nafsu makan.

Bagaimana dengan nutrisinya ?

Parsley kaya akan zat besi, klorofil, tinggi antioksidan, kalium, asam folat, asam amino, serta berbagai vitamin yang penting bagi tubuh seperti vitamin A dan C.

Oh iya bunda, parsley ini berasal dari Eropa, dan tumbuh subur di Mediterania Timur. Daun parsley ada dua jenis yaitu parsley flat dan parslet curly.

1 komentar:

  1. Untuk mempermudah kamu bermain guys www.fanspoker.com menghadirkan 6 permainan hanya dalam 1 ID 1 APLIKASI guys,,,
    dimana lagi kalau bukan di www.fanspoker.com
    WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    BalasHapus