Halaman

Kamis, 08 November 2018

Biar Tetap Segar, Begini Cara Mengolah Ikan yang Benar.


Ceritanya bunda habis membeli ikan dari pasar, karena ingin kualitas terbaik di belilah ikan yang masih hidup. Tapi sampai di rumah malah bingung, bagaimana cara mengolahnya !.

Pernah mengalami peristiwa seperti ini bun ?

Naah kali ini, saya akan berbagi tips, bagaimana cara menangani ikan yang masih hidup nih. Jadi bunda pantengin sampai habis ya…

Baik, ada dua cara mengolah ikan ini, yaitu pengolahan jika ikan akan langsung dimasak dan pengolahan kalau ikan tidak langsung dimasak atau akan disimpan terlebih dahulu.

Pertama adalah dengan membuang isi perut dan insangnya dengan cara dibelah. Untuk hasil terbaik, sebaiknya bunda belah ikan dari bagian punggungnya, bukan dari bagian perutnya.

Jika dibelah di bagian perut, saat dimasak ikan akan mengembang seperti sayap. Ini akan memberi kesempatan daging matang secara lebih merata. Tapi jika yang dibelah bagian perutnya, justru akan menutup saat dimasak (terutama kalau di goreng).

Setelah itu cuci bersih ikan dengan air mengalir, bunda bisa mencucinya dengan air langsung dari kran.

Jika akan dimasak langsung, untuk menghilangkan bau amis ikan, bunda bisa menggunakan lemon, jeruk, garam, atau cuka. Jika tidak ada, sagu juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau amis ini. Caranya adalah dengan direndam dalam air sagu kurang lebih 10 menit.

Setelah itu bunda bisa memasaknya sesuai selera. Ikan yang masih segar dapat bunda olah sesuka hati, namun bila bunda membeli ikan dalam kondisi sudah mati, cara terbaik untuk memasaknya adalah dengan di goreng.

Bagaimana jika ikan tidak akan langsung dimasak ?

Langkah pertama adalah pastikan ikan sudah dibersihkan dan dicuci bersih (termasuk dibersihkan juga sisiknya).

Setelah itu, taburkan garam atau perasan air jeruk nipis untuk menjaga agar ikan tetap segar dan mengurangi bau amisnya.

Masukan dalam wadah tertutup, baru kemudian dimasukan kedalam freezer. Ini jangan hanya dibungkus plastik saja ya bun, tapi wadah yang benar-benar tertutup rapat.

Kalau tidak ada kulkas atau freezer gimana ?

Kalau dirumah tidak ada freezer, bunda bisa menggunakan cara tradisional yaitu dengan di asap.

Kelebihannya, ikan yang diasap saat dimasak akan memiliki aroma dan rasa yang khas lho bun !. Terutama jika diolah dengan resep-resep masakan yang bersantan, pasti sedap.

Artikel Terkait :


Tinggi nya kandungan protein didalam ikan, justru membuat daging ikan menjadi cepat rusak. Untuk itu diperlukan ketelitian saat membeli nya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar