Halaman

Sabtu, 27 Oktober 2018

Begini cara Mengolah Kepiting yang Baik.



Siapa yang tidak suka dengan kepiting ?


Bagi yang tidak ada alergi seafood, kepiting dapat menjadi olahan yang sangat lezat ya. Tapi hati-hati lho bun sebelum memasaknya, karena konon tubuh kepiting mudah untuk menyerap dan menyimpan racun-racun berbahaya !.

Baik itu dari makanan atau pun lingkungannya.

Jadi, sebelum bunda memasak kepiting ini, yuk cari tahu bagaimana cara mengolah dan memilih kepiting yang baik.

Baiklah, tips nya seperti ini :

Cara mengolah Kepiting.

  • Balikan kepiting, lalu tusuk-tusuk menggunakan pisau yang runcing dan belah bagian tengahnya supaya kepiting mati sehingga kita bisa melepaskan ikatannya.
  • Cuci kepiting menggunakan air bersih. Gunakan air yang mengalir ya bun, jangan merendamnya. Bersihkan kotoran-kotoran yang melekat dengan sikat gigi atau kuas sampai bersih.
  • Buang bagian pantat kepiting yang berbentuk segi tiga. Bagian ini adalah tempat kotoran kepiting, dan memang tidak bagus untuk di konsumsi.
  • Potong kepiting menjadi 2 bagian lalu bersihkan isi perutnya yang berwarna kehijauan. Lalu cuci kembali sampai bersih.
  • Pukul-pukul bagian capit dan kaki kepiting supaya saat dimasak bumbu bisa meresap sempurna.
  • Sebelum dimasak, sebaiknya kepiting direbus terlebih dahulu. Merebusnya jangan terlalu lama ya bun, cukup 15 s/d 20 menit saja. Jika terlalu lama justru bagian dagingnya akan mengeras. Masukan kayu arang saat merebus untuk menetralisir kandungan racun yang mungkin ada.
Tips memilih kepiting.

  • Pilih kepiting yang segar, cirinya kepiting bergerak dengan lincah. Bagaimana jika kepitingnya di ikat ? Mintalah penjualnya untuk membukanya sebentar agar kita tahu, apakah kepiting itu bisa bergerak atau tidak.
  • Angkat kepiting dan rasakan beratnya, jika terasa berat berisi dan matanya keluar, itu menandakan kepiting memiliki kualitas rasa daging yang bagus dan tinggi.
  • Sebaiknya, bunda jangan memilih kepiting yang ringan dan dagingnya sedikit, karena ini akan menyulitkan bunda nantinya saat mengolah.
Naah begitulah tips mengolah dan memilih kepiting agar lebih aman saat mengkonsumsinya. Tapi jika Bunda memang ada alergi terhadap makanan-makanan laut, lebih baik dihindari saja ya bun ...
 
"Selamat mencoba"
 
Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar