Halaman

Rabu, 13 Maret 2019

3 Cara Mencairkan Daging Beku - Karena Ternyata Tidak bisa Sembarangan.

Halo bunda…, 

Rencana mau masak apa hari ini buat keluarga di rumah ?, 

masak apapun selama persedian bahan masih banyak di kulkas, itu gak masalah ya bun. 

Tapi terkadang ada ribet nya juga lho bun mengolah bahan makanan yang sudah beku, terutama daging. Karena daging beku itu harus dicairkan dulu agar bisa diolah !!. Yang paling penting dan bunda harus tahu, ternyata mencairkan daging beku itu tidak boleh sembarangan lho…, perlu trik-trik khusus agar daging aman dikonsumsi ! 

Lho kok bisa ?! 

Begini bunda, biasanya terdapat bakteri pada daging, terutama bakteri E.coli dan salmonella. Nah pertumbuhan bakteri ini akan terhenti jika daging disimpan dibawah suhu 4 derajat celcius, apalagi jika di bekukan (biasanya freezer ada di -18 derajat).

Namun, begitu suhu berada di atas 4 derajat, maka bakteri akan bergeliat kembali dan berkembang dengan pesat. Nah lho … 

Lalu bagaimana cara pencairan daging yang tepat ? 

Setidaknya ada 3 cara mencairkan daging beku yang aman, seperti ini : 

1. Gunakan Lemari Pendingin. 

Ini cara yang paling aman bunda, langkah nya keluarkan daging dari freezer lalu masukan ke dalam wadah misal mangkuk. Selanjutnya simpan daging di dalam kulkas dan biarkan mencair, biasanya memerlukan waktu seharian untuk mencairkannya. 

Oh iya bunda, simpan di rak yang paling bawah ya agar jangan sampai air dagingnya membasahi bahan makanan lainnya. Pastikan juga suhu di dalam kulkas tidak lebih dari 4 derajat celcius. 

2. Menggunakan Air. 

Mencairkan daging beku dengan air proses nya akan lebih cepat dari pada disimpan di lemari pendingin. Simpan daging beku di dalam wadah yang cukup besar, lalu rendam daging dengan air biasa. Diamkan sampai esnya mencair. 

Kuncinya untuk cara ini adalah bunda harus segera memasaknya begitu kandungan es dalam dagingnya mencair. Daging beku yang sudah dicairkan pun jangan sekali-sekali disimpan kembali kedalam freezer. 

Jadi saat akan mencairkan ambil daging secukupnya saja ya bun … 

3. Menggunakan Microwave. 

Naah cara kilat nya menggunakan ini bun, masukan daging yang masih beku ke dalam microwave kemudian nyalakan. Jangan lupa perhatikan suhu dan lama waktu mencairkannya ya bunda, kalau terlalu lama malah mateng nantinya … 

Oh iya bunda, proses pencairan dengan semua metode di atas posisi daging harus bersih dari kemasan ya. Jadi semua kemasan packing misalnya plastik wrap, styrofoam dll harus dibuka terlebih dahulu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar