Halaman

Selasa, 19 Maret 2019

Ternyata Begini Perkembangan Salad di Dunia.

Salad itu identiknya menu-menu Eropa atau Amerika sana ya bunda ?

Tapi tahukah bunda, salad itu tidak hanya ada di Amerika atau Eropa saja lho, hampir di selurug dunia memiliki menu salad khas nya masing-masing.

Yah, betul…, termasuk kita di Indonesia !!

Hayooo, mulai penasaran kan ?,

Begini bunda, The Dictionary of American Food and Drink mendefinisikan salad dengan “jenis makanan sayur-sayuran hijau yang disiram dengan berbagai bumbu dan saus, kemudian ditambah dengan sayuran atau buah-buahan lain”.

Kata salad sendiri berasal dari bahasa Latin “sal” yang berarti garam. Saat itu garam merupakan bumbu yang penting untuk memberi rasa pada makanan. Kata ini kemudian diserap kedalam bahasa Perancis kuno menjadi “salade” selanjutnya di akhir abad ke 14 diserap kedalam bahasa Inggris menjadi salad atau sallet.

Lalu sejak kapan salad mulai dikonsumsi ?

Ternyata nih bun, salad sudah di konsumsi oleh orang-orang Romawi dan Yunani kuno!!.

Umumnya salad bisa disajikan dalam keadaan dingin (dengan didinginkan terlebih dahulu di lemari pendingin), disajikan dalam suhu ruang, atau dapat juga dijadikan isi sandwich.

Seiring waktu, resep salad menyebar ke berbagai negeri dan bervariasi. Perkembangannya dapat di lihat di berbagai negara diantaranya :

Amerika Serikat.

Keluarga-keluarga di Amerika menciptakan salad yang sangat bervariasi. Di Akhir abad ke 19, salad Amerika umumnya cenderung disajikan dengan warna kontras. Biasanya terdiri dari asparagus yang berwarna ungu, merah, kuning atau orange; paprika berwarna orange atau kuning; kemudian tomat; semangka kuning; bit; dll.

Salad cobb yang dibuat di restoran Brown Derby pada tahun 1937 merupakan salad yang sudah terkenal sejak lama. Salad ini terdiri dari selada, apokat, tomat, daging ayam, telur, keju, dan bacoon.

Selanjutnya ada Ginger Ale Molded Salad, salad ini dibuat dari sari jahe, jus buah, dan kombinasi macam-macam buah kemudian disusun dengan gelatin.

Salad hijau yang lebih umum terdiri dari selada, lobak, tomat, ketimun, sayur-sayur musiman dengan saus Green Goddess, Thousand Island, atau saus French.

Perancis.

Salad sudah menjadi bagian penting dalam menu masakan Perancis. Yang paling umum di negara ini adalah salad hijau atau salade verte dan biasanya disajikan terpisah dari makanan utama baik makan siang ataupun makan malam.

Sayuran yang digunakan untuk salade verte ini antara lain selada air atau chicory. Selain itu, dapat pula menggunakan daun dandelion muda, selada, endive atau chicory.

Prosesnya, daun salad dicuci bersih lalu disiram saus berupa minyak dan cuka. Jus lemon juga bisa digunakan sebagai variasi saus.

Kombinasi minyak dan cuka yang bagus dalam salad ini adalah minyak yang dapat menyembunyikan rasa asam. Orang Perancis menyukai cuka yang berasa bawang putih atau herba, terutama orang-orang Perancis utara.

Britania Raya.

Di Inggris, salad memiliki nama lain, “beefeaters”. Menurut The Form of Cury, yaitu sebuah kitab masakan Inggris yang ditulis oleh juru masak - juru masak yang dipersembahkan untuk Richard II pada tahun 1390 tertulis bahwa salad terdiri dari kumpulan herba segar, bawang putih, bawang, fennel dan sayuran hijau, diberi saus berupa minyak, cuka, dan garam.

Orang-orang Inggris juga menggunakan istilah salad untuk sejumlah besar makanan sayur-sayuran seperti acar timun, salad rebus sampai dengan grand sallats yang terdiri dari sayuran hijau yang dilengkapi dengan buah-buahan kering atau manisan, telur rebus, dan caper.

Ciri khasnya, salad Inggris selalu menggunakan krim salad. Krim salad ini pertama kali dibuat oleh Heinz di Britania Raya pada tahun 1914 dan sangat populer dikalangan kelas pekerja.

Namun kepopuleran krim salad ini berkurang setelah adanya saus mayones.

Indonesia.

Variasi-variasi salad juga terdapat di Indonesia yang memiliki ke khas an tersendiri untuk setiap daerahnya.

Salah satu yang populer adalah gado-gado. Sayuran yang digunakan dalam gado-gado dapat berupa sayuran apa saja, yang menjadi kesamaan adalah sausnya yang terbuat dari bumbu kacang.

Jenis lainnya yang umum adalah rujak yang terdiri dari sayur-sayuran atau buah-buahan dengan saus kacang.

3 komentar:

  1. Yang top markotop indonesia dongz dengan gadogadonya,,apalagi klo pedes pake cabe rawit, uweenakk tenan..

    BalasHapus
  2. Untuk mempermudah kamu bermain guys www.fanspoker.com menghadirkan 6 permainan hanya dalam 1 ID 1 APLIKASI guys,,,
    dimana lagi kalau bukan di www.fanspoker.com
    WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    BalasHapus