Halaman

Selasa, 12 Maret 2019

Inilah Teriyaki-Ternyata Simple Caranya.

Di Indonesia, kuliner Jepang sudah tidak asing lagi ya. Makanan-makanan khas negeri sakura ini hampir selalu ada di kota-kota besar seluruh Indonesia.

Bagaimana tidak, disetiap sudut kota terdapat rumah makan atau restoran-restoran khas Jepang.

Nah, kalau ngobrolin kuliner asal negeri matahari terbit ini, bunda pasti tidak asing lagi dengan yang namanya "Teriyaki". Atau mungkin ini menu favorit bunda ya ... ?

Lalu apa sih sebenarnya teriyaki ini ?

Katanya sih ya bun, teriyaki ini berasal dari kata "teri" dan "yaki". Teri berarti bersinar atau mengkilap dan yaki artinya dibakar atau di panggang.
Proses nya disini, bahan akan direndam (basted) terlebih dahulu didalam saus teryaki. Setelah itu, baru bahan akan dibakar atau di panggang. Setelah matang, masakan akan tampak mengkilap. Efek ini didapat dari saus teriyaki nya.

Bahan utamanya apa saja yang digunakan ?

Di negeri asalnya, bahan yang banyak digunakan untuk masakan ini adalah ikan seperti ikan tongkol, salem, mackarel, trout, marlin, dll. Walaupun sebenarnya, masakan ini bisa di aplikasikan terhadap berbagai jenis bahan makanan seperti ikan, ayam, daging, dan bahkan sayuran.

Point penting pada masakan ini adalah saus teriyaki nya bun ...,

saus ini dibuat dari "shoyu" atau kecap asin khas jepang, mirin, dan gula. Mirin ini juga merupakan bahan masak khas Jepang berupa cairan beralkohol yang terbuat dari beras ketan yang dicampur beras dan "shochu" yang di fermentasikan selama beberapa bulan.

Shochu sendiri adalah sejenis minuman beralkohol !!

Berarti masakan ini beralkohol dong, bagaimana buat kita-kita ini yang muslim ?!

Tenang saja bunda, mirin nya bisa bunda ganti dengan air jeruk nipis atau lemon yang diberi sedikit gula pasir. Sedangkan kecap asinnya, bisa di ganti dengan kecap asin lokal saja.

Bagaimana bunda, sudah siap mencoba dirumah ...



Tidak ada komentar:

Posting Komentar