Halaman

Rabu, 13 Maret 2019

Begini Cara Mengolah Paprika yang Baik.

Paprika sering kita temui dalam kombinasi salad, akan tetapi sebenarnya paprika ini apa sih, apakah termasuk kedalam jenis cabai ? 

Paprika ini memiliki nama latin Capsicum annum L, jadi tanaman ini termasuk ke dalam jenis cabai ya bunda. 

Paprika memang bentuknya agak berbeda dengan cabai pada umumnya, nampak seperti buah kesemek dan tidak pedas. Sering disebut dengan cabai manis tanaman ini banyak tumbuh dinegara-negara bersuhu rendah seperti Eropa, Mexico, dan Amerika Serikat. 

Digunakan untuk apa saja paprika ini ?

Buah tanaman ini sering dimanfaatkan untuk bumbu atau bahan utama suatu bahan masakan, campuran salad, atau bahkan bisa dimakan langsung. 

Bahkan konon katanya paprika bermanfaat untuk kesehatan manusia seperti membantu mengatasi kondisi jantung dan pembuluh darah, penyumbatan pembuluh darah, kolesterol tinggi, dan lain-lain. 

Banyak orang juga yang memanfaatkannya sebagai obat luar untuk mengatasi perut kembung, sakit perut, diare, dan kram perut. 

Bagaimana cara mengolahnya ? 

Alaminya, paprika cukup awet jika disimpan di suhu ruangan terbuka dan tidak terkena sinar matahari langsung. Suhu yang terlalu tinggi justru akan membuat kulitnya cepat layu dan kusut. 

Untuk menyimpan paprika agar tetap segar, bunda bisa mengikuti cara-cara berikut : 

1. Simpan paprika secara terpisah, lebih bagus lagi masing-masing dibungkus menggunakan plastik wrap. 

2. Simpan paprika dalam kondisi utuh, tidak di potong-potong. Ini karena kulit paprika yang tebal merupakan pengawet alami yang mampu menghambat proses pembusukan. 

Cara mengolahnya pun cukup mudah, cukup cuci bersih paprika di bawah air yang mengalir, potong-potong sesuai selera. Selanjutnya bunda bisa menjadikannya sebagai campuran salad, ataupun pada masakan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar