Halaman

Kamis, 14 Maret 2019

4 Langkah Memotong Paprika yang Benar

Selain menambah cita rasa, warna-warni pada paprika juga menambah kesan segar pada masakan. Selain itu, paprika juga mudah dalam proses pengolahannya, hanya perlu dibersihkan bijinya, dipotong sesuai selera, dan paprika pun siap diolah. 

Meski demikian, tidak semua orang tahu cara memotong buah paprika yang efektif lho bun … 

Lho memang ada cara yang efektif ?!. 

Ada !!, begini langkah-langkahnya : 

1. Potong bagian ujung atas dan bawah. 

Tujuan bagian atas dibuang adalah untuk membuang bagian tangkai paprika, jadi tidak usah dipotong terlalu tebal agar tidak banyak bagian yang terbuang. Cukup potong tipis saja.. 

Bagian bawah dibuang karena memang teksturnya lebih keras sehingga dapat merusak citarasa nantinya. Bagian ini juga cukup dipotong tipis saja kira-kira ½ cm an. 

2. Potong satu sisi secara vertikal untuk membuang paprika. 

Setelah bagian atas dan bawah terbuang, letakkan paprika secara vertikal (berdiri). Lalu potong salah satu sisinya secara vertikal pula. 

Potongan ini berfungsi sebagai “pintu” untuk membuka gulungan paprika. Ini hanya satu sisi saja ya bunda, jadi nanti paprika nya tidak terbelah menjadi dua. 

3. Buang biji paprika dengan sayatan menyamping. 

Berbeda dengan cabai, biji paprika nyaris tidak pernah digunakan sehingga sebelum diolah paprika harus dibuang bijinya terlebih dahulu. 

Sebetulnya ada 2 cara untuk membuang biji paprika, diambil dengan tangan secara langsung atau disayat menyamping. Cara bersihnya tentunya disayat menyamping. 

Posisikan pisau secara tertidur, buka gulungan paprika perlahan-lahan sambil mulai menyayat biji paprika secara menyamping dari kanan ke kiri. 

Kalau ada biji atau serat-serat yang tertinggal, abaikan saja dulu dan teruskan sayatan sampai beres. Nanti kalau sudah selesai baru bersihkan bagian yang tersisa secara perlahan supaya daging paprika tidak terkikis habis. 

4. Potong paprika sesuai kebutuhan. 

Setelah bijinya dibersihkan, baru paprika bisa dipotong sesuai selera. Untuk dijadikan topping pizza atau campuran salad, dipotong tipis memanjang sangat cocok. Kalau untuk tumisan dan sate, potong dadu lebih pas. 

Lain lagi dengan omelet, campuran saus pasta, isian pastel, risoles, atau roti goreng, ini baiknya di cincang saja.

2 komentar:

  1. Wuishh ada tehniknya juga toh, kece 🏆🏆🏆

    BalasHapus
  2. Untuk mempermudah kamu bermain guys www.fanspoker.com menghadirkan 6 permainan hanya dalam 1 ID 1 APLIKASI guys,,,
    dimana lagi kalau bukan di www.fanspoker.com
    WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    BalasHapus