Halaman

Kamis, 14 Maret 2019

Tak Disangka, Ternyata Paprika Berjenis Kelamin!!

Tahukah bunda, selain memiliki warna yang beragam, paprika ternyata memiliki gender atau jenis kelamin lho !! 

Buah yang dijuluki bell pepper ini, walaupun terlihat sama bentuknya tapi sebenarnya dia memiliki jenis kelamin. Begini ciri-cirinya … 

Paprika betina bentuknya lebih bulat dan memiliki empat tonjolan di bagian bawah. Selain itu, jenis paprika betina ini memiliki lebih banyak biji didalamnya, dan saat dimakan segar rasanya lebih manis dari paprika jantan. Makanya, jenis ini cocok untuk sandwich dan salad. 

Sementara itu, yang jantan bentuknya lebih tinggi dan ramping, dan hanya memiliki 3 tonjolan di bagian bawah. Rasanya tidak manis dan tidak mudah layu dalam suhu tinggi sehingga jenis ini cocok untuk masakan yang ditumis, digoreng, ataupun di panggang. 

Selain gender, harga paprika di pasaran pun berbeda-beda. Dilansir dari laman detikfood, ini dikarenakan perubahan bentuk warna paprika mempengaruhi nilai nutrisinya. 

Seperti bunda ketahui, paprika memiliki banyak warna, ada yang ungu, merah muda, violet, sampai dengan yang warna putih. Semuanya tergantung pada masa panennya. 

Umumnya paprika merah, orange, dan kuning harganya lebih mahal dari paprika hijau, karena paprika berwarna merah lebih banyak membutuhkan waktu untuk dipanen dan kandungan nutrisinya lebih tinggi. 

Jadi semakin lama paprika berada di pohon, harganya akan semakin mahal !!. 

Walaupun begitu, semua paprika kaya akan vitamin A dan C. Paprika merah memiliki kandungan beta karoten 11 kali lebih banyak dari paprika hijau. Sedangkan yang kuning vitamin C nya lebih banyak dari yang hijau.

1 komentar: